Pertemuan 7 : Rabu,
10 Juli 2013
Pukul : 13.15
– 21.45
Materi : Analisis
Buku Guru dan Buku siswa
Dalam
menganalisis kesesuaian isi buku
guru dan buku siswa dengan tuntutan SKL, KI, dan KD; yang perlu
diperhatikan antara lain: Kesesuaian
dengan SKL, Kesesuaian dengan
KI dan Kesesuaian dengan KD.
Disamping itu, penganalisisan buku
guru dan buku siswa dilihat dari aspek kecukupan dan kedalaman . Guru
diharapkan menguasai secara utuh
materi, struktur, dan pola pikir keilmuan materi pelajaran pada buku guru dan siswa.
Oleh
karena itu, guru hendaknya menguasai
penerapan materi pelajaran pada bidang/ ilmu lain serta kehidupan sehari-hari;
dan berusaha memahami strategi menggunakan buku guru
dan buku siswa untuk kegiatan pembelajaran.
Komponen-komponen
analisis yang perlu didiskusikan adalah Sebagai berikut:
NO.
|
ASPEK
YANG DIANALISIS
|
|
1.
|
Kesesuaian dengan SKL
|
|
2.
|
Kesesuaian dengan KI
|
|
3.
|
Kesesuaian dengan KD
|
|
4.
|
Kesesuaian dengan Topik
|
|
5.
|
Kecukupan materi ditinjau dari:
a. cakupan konsep/materi esensial; dan
b. alokasi
waktu.
|
|
6.
|
Kedalaman materi ditinjau dari:
a. Pola
pikir keilmuan; dan
b. Karakteristik
siswa
|
|
7.
|
Penerapan Pendekatan Scientific
|
|
8.
|
Penilaian Autentik yang Tersedia
dalam Buku Siswa
|
Untuk
lebih jelasnya silahkan buka:
Pekanbaru,
10 Juli 2013
Penulis
H154M
Tidak ada komentar:
Posting Komentar