DINAMIKA KELOMPOK
Hari Kedua : Selasa , 7 Mei 2013
Pukul : 07.00 – 13.00
Acara : DINAMIKA KELOMPOK
Nara Sumber : Bagian Diklat BKD Pemprov. Kepri
Isi Materi :
Pada dasarnya Dinamika kelompok adalah suatu kelompok yang
terdiri dari dua atau lebih individu yang memiliki hubungan psikologis
secara jelas antara anggota satu dengan yang lain dan berlangsung dalam situasi
yang dialami. Secara harfiah, Dinamika kelompok berasal dari kata dinamika dan kelompok.
Dinamika berati interaksi atau interdependensi antara
kelompok satu dengan yang lain, sedangkan Kelompok adalah kumpulan individu yang
saling berinteraksi dan mempunyai tujuan bersama.
Berikut ini beberapa games yang dimainkan sebagai
berikut:
Games1: Bom
Ranjau
Tujuan:
Agar seluruh peserta bisa mengingat dan berkenalan
secara fisik dan yang lebih jauh, yakni membantu saling mengingatkan letak bom ranjau, sekaligus melatih mereka
bekerjasama dengan membangun komunikasi dalam kelompok.
Langkah-langkah:
a.
Peserta di bagi dalam kelompok-kelompok yang sama banyaknya (bila jumlah
peserta ganjil, seorang pemandu bisa masuk ke dalam salah 1 kelompok).
Pemandu
menjelaskan aturan permainan sebagai berikut :
•
kelompok akan berlomba dengan masuk ke dalam persegi-persegi kecil ukuran
100x100 cm yang dibatasi oleh tali raffia sebanyak 25 buah.
•
Pemandu akan menghitung sampai 10 tanda dimulai perlombaan.
•
Setiap anggota kelompok secara berurutan masuk ke persegi dan melangkah maju ke
baris berikutnya, jika ada ranjau maka harus mengulangi dari awal start.
•
Kelompok yang menang adalah kelompok cepat keluar dan tanpa menginjak ranjau
sampai finish.
b.
Sebelum pertandingan di mulai bisa dicoba terlebih dahulu untuk memastikan
apakah aturan mainnya sudah dipahami dengan benar.
Games2: Tali
Laser
Tujuan:
Agar seluruh peserta bisa berkenalan secara fisik dan
yang lebih jauh, yakni membantu saling menghargai dan peduli dengan lingkungan
sekitar, sekaligus melatih mereka bekerjasama dengan membangun komunikasi dalam
kelompok.
Langkah-langkah:
a.
Peserta di bagi dalam kelompok-kelompok yang sama banyaknya (bila jumlah
peserta ganjil, seorang pemandu bisa masuk ke dalam salah 1 kelompok).
Pemandu
menjelaskan aturan permainan sebagai berikut :
•
kelompok akan berlomba dengan masuk ke dalam persegi panjang yang dibatasi oleh
tali raffia dan 4 tiang dengan tinggi sepaha orang dewasa (± 1 meter).
•
Pemandu akan menghitung sampai 10 tanda dimulai perlombaan.
•
Setiap anggota kelompok saling membantu untuk mengeluarkan peserta dari area
tali laser tersebut.
•
Kelompok yang menang adalah kelompok cepat keluar dan tanpa menyentuh tali
raffia tadi.
b.
Sebelum pertandingan di mulai bisa dicoba terlebih dahulu untuk memastikan
apakah aturan mainnya sudah dipahami dengan benar.
Games3: Kereta
Api
Tujuan:
Agar seluruh peserta bisa berkenalan bisa percaya pada
leader/ pimpinan , yakni membantu saling menghargai dan peduli dengan
lingkungan sekitar terutama atasan kita, sekaligus melatih mereka bekerjasama
dengan membangun komunikasi dalam kelompok.
Langkah-langkah:
a.
Peserta di bagi dalam kelompok-kelompok yang sama banyaknya.
Pemandu
menjelaskan aturan permainan sebagai berikut :
•
Seluruh anggota kelompok akan berlomba dengan memasang penutup mata kecuali
ketua kelompok yang akan memandu dari tempat yang telah ditentukan.
•
Pemandu akan menghitung sampai 10 tanda dimulai perlombaan.
•
Setiap anggota kelompok saling membantu dengan memegang pundak teman-temannya
untuk melewati rintangan yang berkelok-kelok, tanjakan, dan turunan. Ketua
kelompok harus sigap memberikan perintah agar perjalanan sampai di tujuan.
• Kelompok yang menang adalah kelompok cepat
selesai dan tanpa ada insiden sampai di tujuan.
b.
Sebelum pertandingan di mulai bisa dicoba terlebih dahulu untuk memastikan
apakah aturan mainnya sudah dipahami dengan benar.
Games 4: Jaring
Laba-laba
Tujuan:
Agar seluruh peserta bisa membantu dan menyusun
strategi, yakni membantu saling menghargai, saling berbagi dan peduli dengan
lingkungan sekitar, sekaligus melatih mereka bekerjasama dengan membangun
komunikasi dalam kelompok.
Langkah-langkah:
a.
Peserta di bagi dalam kelompok-kelompok yang sama banyaknya.
Pemandu
menjelaskan aturan permainan sebagai berikut :
•
Seluruh anggota kelompok akan berlomba dengan melewati rintangan laba-laba, di
mana . lobang hanya boleh dilalui oleh 1 atau 2 peserta.
•
Pemandu akan menghitung sampai 10 tanda dimulai perlombaan.
•
Setiap anggota kelompok saling membantu dengan membagi anggotanya untuk memilih
lobang yang harus mereka lewati.
• Kelompok yang menang adalah kelompok cepat
selesai dan tanpa ada kesalahan sampai di seberang.
b.
Sebelum pertandingan di mulai bisa dicoba terlebih dahulu untuk memastikan
apakah aturan mainnya sudah dipahami dengan benar.
Games 5: Air
Ledeng
Tujuan:
Agar seluruh peserta bisa membantu dan menyusun
strategi, yakni membantu, gotong-royong, rela berkorban, saling menghargai,
saling berbagi dan peduli dengan lingkungan sekitar, sekaligus melatih mereka
bekerjasama dengan membangun komunikasi dalam kelompok.
Langkah-langkah:
a.
Peserta di bagi dalam kelompok-kelompok yang sama banyaknya.
Pemandu
menjelaskan aturan permainan sebagai berikut :
•
Seluruh anggota kelompok akan berlomba dengan mencoba menutup lobang pada pipa
paralon besar (±diameter = 10 cm dan tinggi ± 2 meter dari permukaan tanah), di
dalamnya berisi bola tenis meja.
•
Pemandu akan menghitung sampai 10 tanda dimulai perlombaan.
•
Setiap anggota kelompok saling membantu dengan membagi anggotanya untuk memilih
menutup lobang da nada yang mengisi air sehingga bola tenis meja tadi keluar
dari pipa.
• Kelompok yang menang adalah kelompok cepat
selesai dan tanpa ada kesalahan sampai bola keluar.
b.
Sebelum pertandingan di mulai bisa dicoba terlebih dahulu untuk memastikan
apakah aturan mainnya sudah dipahami dengan benar.
Untuk lebih jelasnya silahkan buka:
Tanjungpinang, 7 mei 2013
Penulis
H154M
Tidak ada komentar:
Posting Komentar