KURIKULUM
2013
Elemen perubahan pada kurikulum 2013 adalah meliputi 3
aspek:
1. Kompetensi
Lulusan: Adanya peningkatan dan keseimbangan soft skills dan hard
skills yang meliputi aspek kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan
2. Kedudukan mata pelajaran (ISI):
Kompetensi yang semula diturunkan dari matapelajaran berubah menjadi mata
pelajaran dikembangkan dari kompetensi.
3. Pendekatan (ISI): pada tingkat SD
(Kompetensi dikembangkan melalui: Tematik terpadu dalam semua mata pelajaran);
tingkat SMP & SMA (Kompetensi dikembangkan melalui: Mata pelajaran);
sedangkan tingkat SMK (Kompetensi dikembangkan melalui: vokasional)
Perubahan yang sangat mendasar pada kurikulum 2013 pada
semua mata pelajaran adalah materi disusun seimbang mencakup kompetensi
sikap, pengetahuan, dan keterampilan; Pendekatan pembelajaran berdasarkan pengamatan,
pertanyaan, pengumpulan data, penalaran, dan penyajian hasilnya melalui
pemanfaatan berbagai sumber-sumber belajar [siswa mencari tahu]; dan Penilaian
otentik pada aspek kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan berdasarkan
portofolio.
Perubahan yang mendasar pada bidang matematika adalah
pembelajaran dimulai dari pengamatan permasalahan konkret, kemudian ke
semi konkret, dan akhirnya abstraksi permasalahan; Rumus diturunkan oleh siswa dan permasalahan yang
diajukan harus dapat dikerjakan siswa hanya dengan rumus-rumus dan pengertian
dasar (tidak hanya bisa mnggunakan tetapi juga memahami asal-usulnya); Perimbangan
antara matematika dengan angka dan tanpa angka [gambar, grafik, pola, dsb]; Dirancang
supaya siswa harus berfikir kritis untuk menyelesaikan permasalahan yang
diajukan; Membiasakan siswa berfikir algoritmis; Memperluas materi mencakup peluang, pengolahan data, dan
statistik sejak kelas VII serta materi lain sesuai dengan standar internasional; Mengenalkan
konsep pendekatan dan perkiraan.
Untuk lebih jelasnya silahkan buka:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar