Pertemuan 2 :
Selasa, 9 Juli 2013
Pukul : 19.30
– 21.00
Materi : SKL, KI
dan KD
Standar
Kompetensi Lulusan (SKL) yang diharapkan pada kurikulum 2013 ada 3 hal yaitu:
1.
Sikap : Siswa memiliki perilaku yang mencerminkan sikap Orang yang beriman, berakhlak
mulia, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam Serta dalam
menempatkan dirinya sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
2.
Keterampilan: siswa memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif
dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret Terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya.
3.
Pengetahuan: siswa memiliki pengetahuan Prosedural dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, humaniora, dengan wawasan kebangsaan,
kenegaraan, dan peradabanTerkait penyebab fenomena dan kejadian yang tampak
mata yang mencakup penyebab, alternatif solusi, kendala dan solusi akhir
Kompetensi
inti (KI) kelas dan dirinci lebih lanjut dalam Kompetensi Dasar (KD) mata
pelajaran. Kompetensi Inti (KI)
merupakan gambaran secara kategorial mengenai kompetensi dalam aspek sikap,
pengetahuan, dan ketrampilan (kognitif dan psikomotor) yang harus dipelajari
peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran. Kompetensi
Inti adalah kualitas yang harus dimiliki seorang peserta didik untuk setiap
kelas melalui pembelajaran KD yang diorganisasikan dalam proses pembelajaran
siswa aktif.
Kompetensi
dasar (KD) merupakan kompetensi yang dipelajari peserta didik untuk suatu tema
untuk SD/MI, dan untuk mata pelajaran di kelas tertentu untuk SMP/MTS, SMA/MA,
SMK/MAK. Kompetensi Dasar yang dikembangkan didasarkan pada prinsip akumulatif,
saling memperkuat (reinforced) dan memperkaya (enriched) antar mata pelajaran
dan jenjang pendidikan (organisasi horizontal dan vertikal).
Secara
umum, Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar di jenjang pendidikan menengah
diutamakan pada ranah sikap sedangkan pada jenjang pendidikan menengah pada
kemampuan intelektual (kemampuan kognitif tinggi). Di samping itu, Kompetensi Inti menjadi unsur organisatoris (organizing
elements) Kompetensi Dasar yaitu semua KD dan proses pembelajaran dikembangkan
untuk mencapai kompetensi dalam Kompetensi Inti.
Untuk
lebih jelasnya silahkan buka:
Pekanbaru,
9 Juli 2013
Penulis
H154M
Tidak ada komentar:
Posting Komentar